Pages

Thursday, December 23, 2010

Remedy for Every Disease except Death

Dari sebuah hadits menyatakan:
"Sesungguhnya di dalam Habbatussauda terdapat penyembuh bagi segala macam penyakit, kecuali kematian." - (H.R. Bukhori)

Habbatussauda, atau jintan hitam (bahasa Indonesia), atau kalonji (bahasa Hindi), atau black seed (bahasa Inggris), atau bahasa latinnya adalah Nigella sativa, merupakan salah satu spesies dari genus Nigella yang memiliki kurang lebih 14 spesies tanaman yang termasuk dalam famili Ranunculaceae. 14 spesies tersebut diantaranya adalah: Nigella arvensis, Nigella ciliaris, Nigella damascena, Nigella hispanica, Nigella integrifolia, Nigella nigellastrum, Nigella orientalis, dan Nigella sativa.

Klasifikasi (takson) dari Nigella sativa adalah sebagai berikut :
Kingdom: Plantae
Divisio: Magnoliophyta
Class: Magnoliopsida
Ordo: Ranunculales
Family: Ranunculaceae
Genus: Nigella
Species: Nigella sativa

Tanaman Nigella sativa banyak ditemukan di wilayah Mediterania dan kawasan beriklim gurun seperti Timur Tengah. Pada umumnya digunakan sebagai bumbu dalam masakan maupun adonan roti. Kini telah banyak negara yang menggunakannya untuk perawatan dan pengobatan berbagai penyakit, termasuk infeksi.


Habbatussauda dapat meningkatkan jumlah sel T yang baik untuk meningkatkan sel-sel pembunuh alami. Efektivitasnya hingga 72% jika dibandingkan dengan plasebo hanya 7%. Dengan demikian, mengkonsumsi habbatussauda dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Link:
Pembahasan secara biologi
Senyawa yang terdapat dalam habbatussauda
Multi khasiat dari habbatussauda
Berbagai treatment memakai habbatussauda (English)

0 comments: