Pages

Thursday, April 21, 2011

Kenalan Dengan Si Sitti Pesaing Google


Waktu itu, ketika sedang mendengarkan radio di channel TraxFM, saya mendengarkan sebuah dialog wawancara yang terlihat begitu serius (karena biasanya ga serius). Lalu, saya mendengar ini berbau IT, saya lanjut mendengarkan. Ternyata mereka sedang ngomongin yang namanya "SITTI".


 Hah? Apa itu "SITTI"? Penyanyi dari Negeri Jiran itu? Oh, bukan, itu mah Siti Nurhaliza. "SITTI" di sini adalah sebuah mesin, mesin sistem iklan berbasis teks. Ya, konsep tersebut memang meniru dari Google AdSense, dikutip dari Andy Sjarif, CEO Group Sitti.


Jika Google AdSense skalanya global, Sitti khusus di wilayah Indonesia. Singkatnya, baik Google AdSense maupun Sitti, keduanya sama-sama bergerak di bidang periklanan berbasis kontekstual.

Mungkin Anda berpikir SITTI itu hanyalah pengikut AdSense khusus Bahasa Indonesia seperti yang sudah ada sebelumnya. SITTI tidak mungkin sebuah hal kecil yang biasa saja kalau SITTI mampu mencuri perhatian dari TechCrunch. SITTI memiliki algoritma-nya sendiri untuk mencari iklan yang relevan dengan konteks halaman. Dan tentu saja, seperti yang saya bilang sebelumnya, lebih "ahli" dalam menangani Bahasa Indonesia, non EYD. Di samping itu, ternyata SITTI juga mampu mengenai bahasa 'slang' Indonesia hingga bahkan bahasa alay.Pasti akan sangat ironis jika SITTI tidak lebih memahami Bahasa Indonesia daripada Google.

SITTI pun masih belajar. Walaupun SITTI mengklaim sudah "mempelajari" banyak sekali halaman web berbahasa Indonesia selama bertahun-tahun, saya rasa sistem SITTI masih belum sempurna. Tetapi, saya yakin ini hanya masalah waktu saja. Membangun dan memperbaiki situs itu dapat dikerjakan dengan cepat saat ini.

Penasaran dengan si SITTI ini? Kenalan aja di sini sitti.co.id


Link: http://digitalase.wordpress.com/
Sumber:
  • adha.ms                       

0 comments: